urutan prosesi lamaran

inilah Urutan Prosesi Lamaran yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia. Buat yang belom tahu, simak yuk tipsnya 

inilah Urutan Prosesi Lamaran yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia. Buat yang belom tahu, simak yuk tipsnya

sebelum memasuki fase pernikahan ada yang harus dilewati sebelumnya, yaitu lamaran. Sebelum melangsungkan lamaran, biasanya calon mempelai pria biasanya mengungkapkan isi hatinya kepada sang pujaan hatinya untuk menjadi pendamping hidupnya kelak. Jika ia menerima tawaran sang pria, biasanya akan ada prosesi lamaran formal yang mempertemukan kedua belah pihak keluarga.

Banyak pasangan yang belum tahu tentang tahapan melamar, nah disini rumajinasi kan membahas mengenai tahapan yang biasa dilakukan orang Indonesia saat melamar pasangannya. Simak yuk beberapa urutan prosesi lamaran yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia

1.Kedatangan rombongan keluarga pria ke rumah keluarga pihak wanita 

Pada tahapan ini, rombongan keluarga pria datang kerumah keluarga pihak wanita untuk menyatakan maksud dan tujuannya untuk melamar anak wanitanya.

2. keluarga masing masing duduk saling berhadapan 

Kedua keluarga duduk saling berhadapan biasanya calon kedua mempelai duduk di apit oleh kedua orang tua masing masing.

3. Acara selanjutnya menyampaikan maksud dan tujuan

Pada tahapan ini, pengutaraan maksud sang mempelai pria yang biasanya diwakili oleh salah satu dari keluarga pihak pria

urutan prosesi lamaran

4. Penerimaan lamaran 

setelah pengutaraan maksud dan tujuan, pada tahapan ini saatnya sang wanita menjawab lamaran dari pasangannya. Biasanya sang wanita malu malu saat menjawab lamaran dari sang pria. 🙂

urutan prosesi lamaran

Baca juga Buat kamu yang mau nikah, ini dia Info biaya nikah di KUA

5. Penerimaan simbolis dan pemasangan cincin kepada masing masing pasangan. 

Acara selanjutnya penerimaan simbolis jika pasangan pria membawa seserahan pada saat lamaran. Proses ini dilakukan oleh ibu dari pihak mempelai pria kepada ibu dari pihak keluarga wanita. Jika ada pemasangan cincin, maka ibu dari pihak laki laki akan memasangkan cincin kepada calon mempelai wanita. Tapi acara pemasangan cincin biasanya optional, jika kamu ingin pemasangannya dilakukan pada saat akad nikah.

 urutan prosesi lamaran

6. Acara perkenalan masing masing keluarga

Nah bagian paling seru adalah perkenalan dari masing masing keluarga yang kelak akan dipersatukan padaa prosesi resepsi pernikahan. Keluarga pihak pria dulu biasanya memulai untuk memperkenalkan masing masing anggota keluarganya, baru dilakukan oleh keluarga piak wanita. Acara ini bisa dimanfaatkan untuk mencairkan suasana, agar kedua belah pihak semakin akrab.

baca juga 8 Kesalahan yang biasa terjadi dalam pernikahan

7. Acara ditutup dengan do’a agar terjadi kelancaran sampai menjelang hari H

Memanjatkan do’a pada akhir acara bertujuan untuk kelancaran bagi semuanya sampai menjelang hari H. Nah pada saat prosesi ini, biasanya menguras emosi khususnya bagi calon mempelai wanita yang akan segera meninggalkan rumah untuk mengikuti suaminya.

8. Bagian yang paling ditunggu  adalah sesi foto foto dan makan makan !

melihat prilaku masyarakat indonesia yang suka selfie, kurang afdol rasanya jika setelah acara tidak foto foto. Sayang kan jika moment sakral ini tidak diabadikan dengan baik. Dan jangan sampai ada keluarga yang terlewatkan yaa !! Setelah prosesi foto foto akan dilanjutkan oleh acara makan makan, prosesi ini bisa digunakan untuk mengakrabkan kedua belah pihak keluarga.

urutan prosesi lamaran

demikianlah beberapa urutan prosesi lamaran yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia. Semoga bermanfaat

 

Leave a Reply